Pentingnya Hidup Bersih dan Sehat

Berlatih

Awal tahun 2020 dunia digemparkan dengan munculnya sebuah virus yang sangat mematikan di kota Wuhan, negara China. Kota Wuhan pun mendadak menjadi terkenal atau viral di media masa. Kemudian disusul dengan anjuran untuk mematuhi protokol kesehatan.


Menyusun aktifitas baru dengan protokol kesehatan kemudian dikebal dengan istilah new normal atau normal baru. Tindakan baru yang diambil adalah dengan mensosialisasikan pentingnya cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan adanya kegiatan mengukur suhu tubuh disetiap kantor ataupun ditempat umum. Semua langkah ini diambil demi memutus rantai persebaran virus tersebut.

Hasilnya?

Masih banyak masyarakat yang belum patuh terhadap protokol kesehatan tersebut. Masih banyak masyarakat yang terkena sanksi dari operasi yang digalang oleh pemerintah. Misalnya banyak yang terjaring operasi masker 

Terlepas dari virus yang menggemparkan tersebut. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) haruslah selalu dilakukan. Tidak hanya saat ada musibah yang melanda saja. Hidup bersih dan sehat sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menunjang hidup yang lebih baik dan sehat.

Bagaimana melakukan hidup bersih dan sehat?

Memulai kegiatan dari dapat diri sendiri. Misalkan dengan rajin membersihkan diri (mandi) secara rutin, menggunakan baju yang bersih, membuang hajat pada tempatnya, menutup dan membersihkan sarang nyamuk, tidak merokok, memakan makan sehat dan rajin berolahraga.

Mengapa tindakan tersebut perlu dilakukan?
Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sangat perlu sekali dengan melihat hal-hal yang telah disebutkan tadi. Meliputi :

Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun

Mencuci tangan merupakan tindakan yang paling mudah dilakukan untuk memulai PHBS. Rajin-rajinlah mencuci tangan, karena tangan kita bisa menjadi sarang kuman jika tidak dicuci dengan baik. Mencuci tangan baiknya menggunakan air bersih dan sabun. Proses mencucinya pun harus sampai menjamah celah-celah tangan yang mungkin menjadi tempat bersarangnya kuman.

Mandi secara rutin

Mandi secara rutin juga sangat dianjurkan untuk memiliki tubuh bersih dan sehat. Tubuh manusia yang akan berkeringat saat melakukan aktifitas juga dapat memicu kuman dan jamur. Ini ditandai dengan rasa gatal yang timbul setelah melakukan aktifitas. Solusi untuk mengatasi rasa gatal tersebut dapat dilakukan dengan mandi secara rutin dan menggunakan air serta digosok dengan sabun, bila perlu pun rajin untuk berkeramas untuk menciptakan segerakan tubuh yang maksimal. Tubuh yang segar akan menjadikan kita lebih nikmat saat memulai aktifitas baru dan saat istirahat akan lebih nikmat

Menggunakan baju yang bersih

Baju yang bersih juga perlu disiapkan untuk memulai aktifitas setelah selesai mandi. Jangan lupa untuk mencuci baju setelah digunakan. Sebab baju dapat menjadi media berkumpulnya kuman penyakit. 

membuang hajat pada tempatnya

Mungkin sebagian besar dari kita sudah mampu memiliki tempat untuk membuang hajat yang lebih dikenal dengan WC. Namun, bisa saja ditempat lain masih banyak yang belum tersedia sarana sanitasi yang memadahi. Padahal, mambuang kotoran pada tempatnya dapat membuat hidup lebih sehat. Karena kotoran tidak berserakan atau berada ditempat terbuka yang nantinya bisa menjadi tempat sarang penyakit.

Menutup dan membersihkan sarang nyamuk

Nyamuk merupakan bjnatang yang paling mematikan ketimbang binatang lainnya. Sebab nyamuk ada yang mampu menyebarkan jenis penyakit tertentu. Misalkan malaria atau yang lainnya. Kemampuan nyamuk menyebarkan penyakit ini haruslah kita cegah. Agar lingkungan tempat tinggal kita menjadi sehat. Langkah-langkah mencegah penyebaran nyamuk dapat dilakukan dengan menguras bak mandi, menutup tempat air, menimbun sampah yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

Tidak merokok

Merokok memang kegiatan yang menyenangkan bagi para pecandunya. Namun, dampak buruk dari asap rokok bagi perokok pasif (orang yang menghirup asap rokok) itu jelas tidak menyenangkan. Mulai dari hal yang paling kecil yaitu bau asap rokok yang kadang bikin mual sampai yang terparah dapat membuat batuk-batuk. 

Berhentilah merokok agar diri dan  lingkungan lebih sehat

Memakan makan sehat dan rajin berolahraga

Makanan sehat dan rajin berolahraga adalah kunci utama untuk bisa menjadi pribadi yang sehat dan dapat menciptakan Perilaku Hidup Sehat. Memakan makanan yang sehat juga bisa menjadi awal yang bagus untuk membentuk tubuh yang sehat dengan ditunjang dengan olahraga yang teratur.


Semoga dengan memahami hal-hal yang bermanfaat untuk kesehatan diri akan membuat tubuh dan lingkungan menjadi lebih sehat serta membuat kualitas hidup menjadi lebih bauk lagi.

Pa Candra Seorang Guru SD yang bertugas di wilayah Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Hidup Bersih dan Sehat"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan santun dan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel