Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Persatuan dan Kesatuan


Pelajaran Tema 3 kelas 5 sekolah dasar, kita akan mempelajari tentang keragaman negara Indonesia. Keragaman yang terdiri atas bermacam-macam suku, adat istiadat, bahasa, dan lainnya ini tentu hari dijaga oleh setiap warga negara Indonesia, Tanggung jawab menjaga negara Indonesia bukan hanya diserahkan kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) saja. Namun, seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) harus turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia haru selalu dipertahankan. Karena jika ada salah satu wilayah yang terpecah, negara kita mengalami kerugian. Apa yang akan terjadi jika salah satu anggota tubuhmu ada yang sakit? Pasti anggota tubuh yang lain akan merasakannya juga. Nah, begitu pula dengan Indonesia yang mempunyai semboyan "bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh."

Sebuah negara tidak berdiri begitu saja. Sebagian negara yang ada sekarang ini merupakan hasil perjuangan rakyatnya. Demikian pula Negara Kesatuan Republik Indonesia. Indonesia yang kita lihat sekarang ini merupakan hasil perjuangan dan pengorbanan para pejuang bangsa. Sekarang kita hidup di dalam suasana kemerdekaan. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai merupakan sebuah negara yang sudah merdeka. Tugas kita selanjutnya adalah mempertahankan dan mengisi kemerdekaan itu.

Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki keanekaragaman suku bangsa. Oleh karena itu, diperlukan persatuan dan kesatuan untuk membangun bangsa dan negara agar sejajar dengan negara maju. Makna yang terkandung dalam kesatuan suatu bangsa adalah sebagai berikut.

1. Kesatuan berbangsa merupakan suatu keutuhan dan kebulatan sebagai bangsa.
Maknanya, bangsa Indonesia merupakan satu keutuhan yang tidak bisa dipisah-pisahkan. Oleh sebab itu, Indonesia mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Artinya, walau pun berbeda-beda, tetapi tetap satu.

2. Kesatuan bertanah air merupakan satu keutuhan ditengah perbedaan di wilayah yang dihuni secara turun-temurun oleh bangsa Indonesia.
Maknanya, tanah air bangsa Indonesia merupakan satu ke utuhan yang tidak akan terpisahkan. Meskipun Indonesia terdiri atas banyak pulau, Indonesia tetap bersatu.

Kita sebagai kaum pelajar harus mampu dan paham tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga kita bisa memahami dan mempu melindungi negara Indonesia dari ancaman-ancaman yang datang baik dalam negeri maupun dari luar negeri. 

Sebagai generasi penerus, kita harus mengisi kemerdekaan dengan cara menanamkan rasa
kecintaan, dan kesadaran untuk selalu menjaganya. Berikut contoh
menanamkan kecintaan dan kesadaraan terhadap bangsa dan tanah air.
  1. Indonesia adalah milikku.
  2. Kemerdekaan adalah hakku.
  3. Bangsa Indonesia adalah keluarga besarku.

Selain itu, beberapa cara untuk  membina persatuan dan kesatuan  sebagai berikut.
  1. Merasa bangga akan suku bangsa sendiri. Akan tetapi, tidak boleh merendahkan suku bangsa lain. Janganlah membeda-bedakan suku sehingga perbedaan tersebut dijadikan sebagai alasan untuk tidak bersatu.
  2. Wajib menjunjung tinggi adat istiadat sendiri. Akan tetapi, jangan sampai memandang rendah adat istiadat orang lain.
  3. Bersikap saling menghormati dan menghargai antarumat beragama. Sikap kita jangan sampai menyinggung perasaan umat agama lain.
  4. Mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dalam berkomunikasi. Terutama berkomunikasi dengan orang yang berbeda suku bangsa.
  5. Memilih teman yang baik dalam bergaul. Janganlah membedakan latar belakang suku, agama, dan golongan.
  6. Mencari dan memiliki banyak kawan. Kemudian, membina persahabatan dengan mereka sebaik mungkin.
  7. Jauhkan diri kita dari permusuhan dengan siapa pun.
  8. Menjalin silaturahmi dengan kerabat, tetangga, dan orang-orang yang dekat dengan keluarga kita.
  9. Pelajarilah adat istiadat dan kebudayaan suku bangs lain. Dengan demikian, kita bisa bersikap arif dan bijaksana.
  10. Cintailah barang-barang buatan dalam negeri.

==SUMBER==
Bestari, Prayoga. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan 5 : Menjadi Warga Negara ya ng Baik untuk Kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta. BSE

Pa Candra Seorang Guru SD yang bertugas di wilayah Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan santun dan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel