Belajar Mudah Menghitung Debit

Hai para penikmat jam tambahan, pada artikel ini kita akan belajar tentang debit. Debit pada kurikulum 2013 diajarkan di kelas V Semester I. Sedangkan pada kurikulum 2006 atau Kurikulum KTSP, materi debit diajarkan pada kelas VI semester I. 


Hal-hal yang harus paham sebelum memulai pelajaran debit

Sebelum memulai pelajaran debit sebaiknya kita harus terlebih dahulu memahami hal-hal berikut, agar dalam pembelajaran materi debit dapat berlangsung dengan mudah dan tidak menemukan kendala, hal yang perlu kita perlajari adalah :

  • Sudah memahami satuan valume beserta perubahannya
  • Sudah memahami satuan waktu beserta perubahannya
  • Memahami penghitungan selisih waktu
  • Mampu melakukan operasi hitung pembagian dan perkalian

Jika keempat poin diatas sudah mampu dipahami dengan baik maka pembaca sudah bisa untuk mulai memahami konsep dasar dari debit atau mulai berkenalan dengan materi debit. Namun, jika ada yang belum dipahami dari keempat poin diatas, Pa Candra sarankan untuk mempelajarinya lagi, khususnya mempelajari operasi hitung terlebih dahulu.


Berkenalan dengan Debit

Debit adalah banyaknya (volume) zat cair yang mengalir tiap satu satuan waktu. Menghitung debit dapat dilakukan dengan membandingkan (membagi) Volume zat cair tersebut dengan waktu. Mudahnya debit dapat diartikan sebagai hasil bagi antara volume zat cair dengan waktu.

Banyaknya zat cair disebut dengan Volume (V) dan dinyatakan dalam m3, cm3, mm3, atau liter (1 dm3  = 1 liter). Sedangkan satu satuan waktu yang akan digunakan dalam menghitung debit dapat berupa detik, menit, atau jam. 

Debid dalam beberapa buku dilambangkan dengan huruf Q atau D, sedangkan volume kebanyakan dilambangkan dengan V dan  Waktu ada yang melambangkan W atau t


Rumus Debit

Melihat asal dari debit yang merupakan hasil bagi dari volume dibagi dengan waktu maka rumus debit dapat ditulis sebagai berikut 

debit volume dibagi waktu
Rumus debit

Jika mencari debit dapat dilakukan dengan membagi valume dan waktu maka untuk mencari volume dapat dilakukan dengan mengkalikan debit dengan waktu, dan untuk mencari waktu dapat dilakukan dengan membagi antara volume dengan debit.

mencari volume dan waktu pada debit
Volume dan waktu pada debit

Mudah bukan rumus-rumus diatas? Mudah dihapalkan? ingat-ingat saja kalau debit itu adalah volume dibagi dengan waktu. selesai !

Terus akan timbul pertanyaan. apakah ada cara yang lebih mudah lagi dalam menghafalkan rumus? jawabannya "ada!". ada dua langkah yang dapat diambil,

  1. Melakukan pemisalan
  2. Memenuliskan rumus dengan metode segitiga

Pa Canda akan membahas terlebih dahulu cara cepat yang pertama, cara pertama dapat dilakukan jika kita mengetahui rumus dari debit, rumus debit adalah volume dibagi dengan waktu. maka kita bisa memisalkan seperti ini. Volume bernilai 6 dan waktu bernilai 3, sehingga jika dibagikan, 6 : 3 = 2. maka 2 adalah nilai dari debit. sehingga untuk mencari rumus lainnya dapat digunakan angka-angka tersebut.

Rumus debit dengan pemisalan
Rumus debit menggunakan pemisalan

Perhatikan gambar diatas, angka 6, 3 dan 2 adalah angka pemisalan yang digunaan untuk menentuhkan rumus turunannya. Jadi nanti ketika mencari rumus volume yang bernilai 6 maka kita akan cepat mengetahui kalau angka 6 dapat diperoleh dari perkalian 2 dan 3 yang mewakili nilai dari Debit dan Waktu. Sudah paham kan? jika belum, bisa ditanyakan dikolom komentar.

Cara mudah dengan teknik kedua dengan menggunakan metode segitiga. Cara mudah tersebut dapat dilakukan dengan menggambar rumus tersebut pada sebuah segitiga. Menggambar rumus pada segitiga tersebut mengikuti alur rumus awal, yaitu Debit adalah volume dibagi waktu. digambar seperti ini

Rumus cepat debit
Rumus cepat debit

Cara menggunakan rumus tersebut adalah dengan menutup bagian yang dicari, misalkan kita akan mencari rumus volume kita tinggal menutup bagian volume kemudian akan terlihat debit dan waktu yang dipisahkan dengan garis lurus. Garis lurus tersebut bermakna kali (x) sehingga dibaca Volume = Debit x waktu, jika mencari waktu pun akan lebih mudah. tinggal menutup tulisan waktu pada bagian segitiga tersebut. sehingga nanti akan terlihat Volume (diatas) dan debit (dibawahnya). Artinya Waktu = Volume / debit (volume dibagi debit). 

Ok. dari kedua cara yang mudah tersebut silahkan pembaca pilih cara yang pembaca anggap paling mudah dan paling gampang untuk pembaca terapkan. Sekali lagi kami sampaikan, jika masih ada yang belum paham, pembaca dapat bertanya melalui kolom komentar. Selamat berusaha !


====Daftar Pustaka====
Sumanto, Y.D. Kusumawati, Heny. Aksin, Nur (2008) Gemar matematika 5 : untuk kelas V SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, (BSE)

Pa Candra Seorang Guru SD yang bertugas di wilayah Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

Belum ada Komentar untuk " Belajar Mudah Menghitung Debit"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan santun dan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel